Belanja Online Sungguh Penemuan Terbesar Abad Ini

Kanapa gw bilang penemuan terbesar? oooh, come on.. siapa sih yang hidupnya tidak menjadi lebih gampang dengan adanya online shop? dan hampir semua manusia modern saat ini pasti pernah melakukan aktivitas ini.

Sungguh gw merasa kalau belanja online adalah suatu penemuan yang patut kita apresiasi setinggi tinggi nya. Memberikan kepuasan lahir batin. Ketagihan dan sensasi belanja online itu sungguh menyenangkan. Sensasi saat lo melihat-lihat barangnya, sensasi saat barang itu datang, dan saat bungkusnya lo buka. wuaaah. Walaupun ada sensasi yang kurang mengenakan seperti sensasi saat tabungan lo berkurang, rekening lo menipis, dan tagihan kartu kredit lo membesar.hiks

Ketagihannya tidak selalu datang di saat pembelian pertama, mungkin di pembelian ke sekian ketagihan tersebut baru dirasakan, atau ketika menemukan toko online yang oke, ketagihan tersebut muncul. Dan ujian selanjutnya yang harus lo hadapi adalah mengendalikan gejolak pengen beli lagi dan lagi. Ketagihan ini bisa mangacaukan cash management karena godaan sungguh amat  besar susah dibendung.

Bentuk toko online yang tersedia saat ini beragam. Lo bisa belanja online dari instagram, marketplace (tokopedia, olx, bukalapak, lazada, dsb), website lansung yang punya gudang sendiri (seperti jaknot, althea, zalora, dsb), fjb kaskus, dll.

tempat belanja online (contoh)

instagramGw secara pribadi lebih suka belanja online di instagram dibanding marketplace. Karena foto-foto nya lebih jelas, tiap akun instagram punya kekhususan tersendiri (sehingga kalau mau barang X yaudah buka lansung aja akun yang jual barang itu, biasanya tiap orang sudah memiliki list akun ig sesuai preferensi masing2 sih..)

althea_2Toko online selanjutnya yang gw suka adalah Althea. Toko ini menjual bermacam-macam korean beauty product. Hahaha, nama juga cewek. Pilihannya cukup banyak, harga cukup murah, sering diskon, namun kadang merknya terbatas, kadang stok habis. Tapi tetap bikin ketagihan.

fjb

Keunggulan Forum Jual Beli KasKus menurut gw terletak pada kemungkinan lo mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibanding yang lain. Serta adanya ‘ikatan’ sesama kaskuser kali yaa, kayaknya enak aja gitu jualan antar sesama kaskuser. ga tau deh, gw hanya memperhatikan orang-orang yang belanja via FJB KasKus.

Beberapa pelajaran penting yang lo dapatkan saat belanja online adalah: Sensitifitas terhadap harga dan kualitas barang, karena lo biasa untuk membandingkan harga diantara toko online yang satu dengan yang lain, lo terbiasa membaca testimoni testimoni. Selain itu lo juga bisa menghitung value suatu barang, apakah dengan uang yang lo keluarkan sebanding dengan kualitas barang yang lo dapatkan. begitulah.

Sungguh menyedihkan sih kalau di zaman sekarang masih ada anak muda yang memiliki kesempatan belanja online tapi ga pernah sama sekali melakukannya. Beneran deh, mereka ga pernah merasakan suatu keajaiban yang dinamakan belanja online.

Leave a comment